Alih Bahasa

Senin, 15 November 2010

Lahar Merapi Numpuk di Sabodams

(Sumber: http://www.krjogja.com/news/Senin, 15 November 2010 19:54:00)
Puncak Merapi dengan "dledegan" material vulkaniknya





         YOGYA (KRjogja.com) - Material vulkanik Gunung Merapi telah memenuhi Sabodams yang menjadi bangunan pengendali sedimen (BPS) pada aliran sungai dan harus diwaspadai karena jumlahnya sangat besar.
            Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Kementerian Pekerjaan Umum, Bambang Hargono mengungkapkan, berdasarkan master plan pengendalian lahar Merapi tahun 2001 telah direncanakan pembangunan sebanyak 279 sabodams. Jumlah  tersebut mampu menampung 8 juta meter kubik volume material lahar. Padahal perkiraan material erupsi Merapi yang terjadi saat ini bisa mencapai 140 juta meter kubik.
            "Sekarang ini sabodams yang sudah terbangun adalah sebanyak 244 unit dan semuanya tertimbun material lahar. Padahal, sudah dibangun 10 sabodams lain dan belum selesai hingga akhirnya Gunung Merapi meletus," ujarnya di kantor BNPB Yogyakarta, Senin (15/11).
            Menurut Bambang, pada tahun 1980-an lalu dengan 244 sabodams yang ada sudah bisa menghindari aliran lahar untuk sampai hilir sungai.  Sebab,  material yang terbawa sampai ke sungai Code berupa pasir dan lumpur tertahan di sabodams. Bahkan terpantau di sungai Opak dan wilayah Prambanan, sungai mengalir jernih.
            Namun kondisi semua sabodams yang telah tertimbun dengan menggunakan pemetaan topografi lama tidak lantas menjadikan kita bisa santai. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah bantaran sungai aliran Merapi harus terus waspada dengan berbagai kemungkinan termasuk aliran material yang luar biasa," katanya.
            Bambang menjelaskan material lahar yang mengalir ke sungai pada dasarnya memiliki suhu yang cukup tinggi. Dan, jika terjadi hujan lebat di atas 50 mili meter per jam, maka lahar akan berubah menjadi lumpur. Sedangkan, jika tidak hujan maka akan terjadi pendinginan lahar secara gradual dengan membentuk material padas yang jika saat hujan rintik akan menjadikannya batuan kecil.
            "Karena itu yang perlu terus kita awasi adalah bagaimana kondisi hujan diatas. Rencananya, sungai-sungai yang kondisinya sudah rata akan kita buatkan guide chanel. Yakni semacam sungai buatan dengan menggali sungai lama," imbuhnya.
            Hal ini, kata Bambang aliran air tidak kesana kemari. Dengan material 140 juta meter kubik yang dimuntahkan Merapi, sangat memungkinkan topografi atau sungai-sungai baru terbentuk. Selain itu akan memantau saluran irigasi petani yang terganggu akibat endapan material Merapi. 
            "Saking keruhnya aliran sungai, maka terjadi pengendapan besar-besaran pada saluran irigasi. Ini cukup mengganggu sawah petani dimana di selokan mataram saja terdapat 4000 hektar sawah padi yang potensial tidak mendapatkan air dari total 19 ribu hektar lahan lain yang juga potensial. Ini juga merupakan upaya berat yang akan kita lakukan agar para petani tetap bisa mendapatkan aliran air," tandasnya. (Ran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar