Alih Bahasa

Kamis, 30 Desember 2010

PKS KOTA KERJA BAKTI BERSIH LAHAR KALI CODE

Dilaporkan Oleh: M. I. Sunnah
Ilustrasi: lahar Masuk rumah Wara
(Foto: Hasan Sakri-Tribunnews.com)




Mensikapi banjir lahar dingin Kali Code yang makin ngegirisi, DPD PKS Kota  Senin, 29/11/2010 petang mengeluarkan  Protap (Prosedur Tetap) Kondisi Darurat Banjir Kali Code. Protap tersebut diinstruksikan via sms ke Posko-Posko PKS Peduli Code, para kader, dan para relawannya. Protap tersebut menggariskan Langkah 1: Bantu Evakuasi dan Amankan keselamatan Jiwa warga, 2. Langkah 2: Data kebutuhan warga yang mengungsi, khususnya daerah kantong Konstituen PKS. Langkah 3: Mobilisasi batuan yang paling mendesak.
 Sebelumnya, Pos Penanggulangan Bencana (P2B) DPD PKS Kota telah membentuk 3 Posko Peduli Code, Yakni Posko Utara (Tegal Rejo-Jetis) dikoordinatori oleh Mas Endin (0856-43397986). Posko Tengah (Danurejan-Pakualaman) dikoordinatori oleh Edi Sunarto (0813-28296146), Posko Selatan (Gondomanan-Mergangsan) dikoordinatori oleh Indra Suryanto (0812-15559269). Disamping itu, DPD PKS Kota juga telah menunjuk Pak Bambang Anjar Jalumurti sebagai Korlap Relawan Tanggap Darurat Kali Code yang berkonsentrasi operasi di wilayah timur Kali Code dan Pak Barda Hartana sebagai wakil Korlap Relawan Tanggap Darurat Kali Code yang berkonsentrasi operasi di wilayah barat Kali Code.
Pada banjir Kali Code, Senin, 29/11/2010 petang dan malam, kader dan relawan PKS Kota Yogya turun ke lokasi Banjir, langsung memetakan permasalahan dan kebutuhan yang diperlukan. “Ternyata, di beberapa tempat pengungsian, warga yang mengungsi belum sempat makan malam sehingga DPD PKS Kota melakukan mobilisasi penyediaan nasi bungkus untuk makan malam. Setelah terkumpul ratusan nasi bungkus dari kader-kader PKS langsung didistribusikan ke beberapa titik pengungsian diantaranya di Kampung  Jogoyudan, Ledok Tukangan, dan Bintaran,” kata Ardianto, Ketua DPD yang juga Penanggungjawab P2B DPD PKS Kota Yogyakarta.
“Agenda tanggap darurat Kali Code kader dan relawan PKS, saat ini membantu kerja bakti bersih rumah dan lingkungan di daerah yang terkena luberan lahar dingin Kali Code. Kerja bakti sudah kami atur: kader dan relawan PKS dari Kecamatan Gondokusuman, Danurejan, Pakualaman, Umbulharjo, dan Kota Gede   membantu di kampung sisi timur Kali Code dari Jembatan Kewek hingga Jembatan Wirosaban, Sorosutan dikomandoi oleh Pak Bambang Anjar. Sedang kader dan relawan dari Kecamatan lain dikerahkan membantu  kampung di sisi barat bantaran Kali Code dikomandoi oleh Pak Barda Hartana. Sementara ini, kerja bakti bersih rumah dan lingkungan dikonsentrasikan di kampung Jogoyudan dan Ledok Tukangan. Setiap sore pukul 15.00 hingga menjelang Maghrib dari Selasa kemarin hingga Sabtu kami terjun kerja bakti bersih rumah dan lingkungan yang rata-rata dipenuhi material lahar hingga setengah meter. Insya Allah Ahad, 5/12/2010, kerja bakti massal kader dan relawan PKS Kota Yogyakarta dimulai pukul 08.00 wib,” jelasnya seraya menambahkan bahwa semua kegiatan Insya Allah selalu dikoordinasikan terlebih dahulu dengan RT/RW setempat serta dikomunikasikan ke Tim Tanggap Darurat Kali Code Pemkot Yogyakarta.   
       Bambang Anjar Jalumurti, Koordinator lapangan (Korlap) Relawan PKS Kota Yogyakarta yang sempat bersama elemen Tanggap Darurat Pemkot Yogya meninjau ke daerah hulu Kali Code di Kali Boyong, Turgo menceritakan, “Saat ini material Merapi sudah memenuhi semua sabo-sabo dam yang tinggi aslinya 6 meter. Saking buuaanyaknya, jika hujan deras mengguyur lereng  Merapi berhasil  membawa material 30 cm  saja, maka dipastikan seluruh badan Kali Code di sepanjang wilayah Kota Yogyakarta ini akan penuh semua. Naudzubillah. Semoga hujan di Lereng Merapi  turun sedikit demi sedikit sehingga materialnya juga turun sedikit demi sedikit, “ ungkapnya. Amiin. (MIS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar