Alih Bahasa

Rabu, 08 Desember 2010

Warga Code Banyak Yang Terserang Penyakit

(Sumber: www.krjogja.com, Rabu, 08 Desember 2010 20:12:00)
Warga Siaga Banjir Kali Code
YOGYA (KRjogja.com) - Dampak meluapnya Kali Code akibat lahar dingin Gunung Merapi tidak hanya berupa banjir atau rusaknya rumah warga. Menurut Joko, salah seorang warga Tegalpanggung, saat ini beberapa warga terutama anak-anak, mulai terserang penyakit. Umumnya mereka menderita penyakit diare, sesak napas, dan batuk-batuk. Sampai saat ini, diperkirakan sudah ada 20 anak yang membutuhkan perawatan kesehatan lanjutan.
            Joko mengatakan bahwa usai banjir lahar dingin menyusut, banyak anak-anak yang bermain di Kali Code. “Mungkin karena merasa aneh, jadi penasaran dan bermain-main,” terangnya kepada KRjogja.com, Rabu (8/12). Padahal, lahar dingin tersebut membawa material yang berbahaya bagi kesehatan seperti belerang, bangkai, dan pohon-pohon yang bertumbangan dan telah menjadi sarang binatang.
            Akibat banyak anak-anak yang terkena penyakit, kini orangtua mulai melarang anak-anak bermain di Kali Code. “Kami tidak ingin ada pengaruh dan dampak yang lebih buruk, makanya anak-anak sekarang diamankan di rumah atau tempat yang lain agar tidak bermain air Code,” paparnya. Anak yang terserang penyakit umunya berusia 3 hingga 15 tahun.
            Karena banyak anak yang terkena penyakit, warga pun menghubungi Puskesmas terdekat. “Sekarang sudah ditangani, namun kami berharap tetap ada penyuluhan yang lebih komplit mengenai bahaya penyakit akibat lahar dingin,” ungkap Joko.
            Selama ini, warga hanya mendapat pengetahuan mengenai mitigasi bencana akibat lahar dingin. Sementara untuk efek lebih lanjut, tidak pernah disosialisasikan. (*-7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar