Alih Bahasa

Minggu, 07 November 2010

Kali Code Meluap di Sejumlah Titik

(Sumber: Okezone.com,  Minggu, 7 November 2010 - 00:35 wib)



JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur Yogyakarta Sabtu (6/11/2010) siang, menyebabkan luapan aliran lahar dingin di sejumlah sungai. Seperti terjadi di Kali Code, Yogyakarta.
            “Di daerah saya belum meluap, tapi di tempat lain seperti Gondolayu, Bintaran dan Kleringan memang sudah banjir sejak tadi sore,” jelas Lusia, warga kampung Ledok Macanan, Danurejan, Yogyakarta kepada okezone.
            Menurutnya debit air Kali Code di dekat rumahnya hanya tinggal 10 centimeter lagi dari batas ambang bahaya. Lusi menjelaskan, warga sempat panik mendengar beberapa daerah di sekitarnya yang terkena banjir.
            “Dari kemaren saja belum surut, ini malah nambah lagi,” keluhnya. Lusi menambahkan, salah satu penyebab tak kunjung surutnya debit air di Kali tersebut, karena banyaknya material padat yang menumpuk di dasar kali.
            “Jadi kalau misalnya debit air sekitar 60 cm, 40 cm-nya berisi pasir dan kerikil. harusnya Kali Code ini di keruk,” jelasnya.
            Sejak Jumat kemarin, debit air Kali Code memang kian bertambah akibat aliran lahar dingin dari puncak Merapi yang mengalir di kali tersebut. Warga yang tinggal di bantaran Kali Code pun telah diminta untuk mengungsi ke tempat yang aman.
(ded)
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar