Alih Bahasa

Minggu, 14 November 2010

Selayang Pandang Wisata Alam Kali Code


 Teks  oleh: Yusuf Efendi
(Sumber: http://www.jogjatrip.com/id/565/kali-code)


            Kali Code adalah salah satu kali yang membelah Kota Yogyakarta. Dalam kurun waktu tahun 90-an hingga sekarang, kali ini banyak diperbincangkan oleh masyarakat lokal, nasional, bahkan internasional, karena sejarah, dan aktivitas yang menghiasai kali ini. Kali Code dianggap masyarakat Yogyakarta sebagai kali yang sumber airnya berasal dari kaki gunung Merapi. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang daerahnya dilewati aliran Kali Code, air Kali Code memiliki makna tersendiri. Di daerah Sleman, air Kali Code digunakan untuk mengairi sawah mereka, sedangkan di daerah Bantul, air Kali Code bahkan digunakan untuk air minum.
            Dilihat dari sejarahnya, Kali Code juga merupakan sebuah aliran kali yang digunakan untuk mengantisipasi keluarnya lahar dingin dari letusan Gunung Merapi, jika seandainya meluap hingga Kota Yogyakarta. Untuk itu dan sekaligus menghindari abrasi, pemerintah Kota Yogyakarta telah membuat talud (dinding sungai) dan juga mengeruk dasar Kali Code.
            Pada tahun 1970-an, Kali Code relatif tidak dapat dimanfaatkan lagi karena dipenuhi sampah rumah tangga. Kondisi ini membuat seorang budayawan, Y.B. Mangunwijaya atau yang lebih dikenal dengan Romo Mangun, tergerak untuk menciptakan Kali Code menjadi kali yang indah, bersih, dan dapat dinikmati. Langkah pertama yang dilakukan oleh Romo Mangun adalah mendekati, dan memahamkan warga yang menghuni bantaran Kali Code, agar tidak membuang sampah sembarangan.
            Romo Mangun rela tinggal di bantaran kali untuk memberi contoh kepada warga tentang bagaimana menjaga kali. Hasilnya adalah Kali Code menjadi bersih, indah, dan menjadi lokasi wisata alam yang menyenangkan dan menghasilkan nilai budaya, serta ekonomi warganya. Sejak saat itu, banyak turis lokal, nasional, dan internasional berkunjung menikmati indahnya alam Kali Code. Sepeninggal Romo Mangun, aktivitas pemberdayaan warga Kali Code diteruskan oleh pegiat sosial yang tergabung dalam Yayasan Pondok Rakyat. Yayasan ini juga aktif membangun kampung percontohan, seperti Badran, Tungkak, Kricak, dan Sidomulyo, yang kondisinya sama dengan Kali Code.
            Sejurus dengan itu, Pemerintah Kota Yogyakarta juga ikut aktif dalam memberikan dukungan kepada warga Kali Code dan pihak-pihak tertentu, dalam program-program pelestarian keindahan Kali Code. Saat ini, bantaran Kali Code menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik dan indah untuk dinikmati. Warga di sepanjang bantaran kali, dari ujung utara hingga selatan yang tergabung dalam kelompok Pemerti Code juga bersemangat untuk terus menciptakan Kali Code menjadi kawasan yang bersih dari sampah dengan membuat program “Nol Sampah di Kali Code 2010”. Pada tahun 2010, dengan program program Nol Sampah di Kali Code 2010, warga Kali Code berhasil mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori Program Bersih Kali (Prokasih) terpanjang.

B. Keistimewaan
            Salah satu keistimewaan wisata alam Kali Code adalah Anda dapat menikmati air kali dengan terjun ke dalamnya atau hanya sekadar duduk di tembok-tembok dekat kali, sambil menikmati minum kopi atau makan. Kondisi ini sangat menarik dan nikmat jika dilakukan saat sore hari atau ketika bulan purnama. Suara gemericik air akan menambah suasana menjadi syahdu.
            Keistimewaan yang lain lokasi wisata alam ini adalah Anda dapat menikmati berbagai aktivitas sosial dan budaya yang digelar di Kali Code, seperti program Code River Walk yang dimulai tahun 2007, program kebersihan Kali Code Nol Sampah Sungai Code Tahun 2010, yang melibatkan beberapa perguruan tinggi seperti UGM, UAJY, UII, STPMD APMD, dan Poltekes, dan Festival Bocah Obah, yakni berupa pergelaran berbagai mainan anak-anak dalam rangka mengisi hari libur.

C. Lokasi
            Bantaran Kali Code membujur dari Jembatan Tungkak, Jembatan Sayidan, Jembatan Juminahan, Jembatan Gondolayu, Jembatan Sarjito, Jembatan Blunyah, Jembatan Ring Road Utara, Jembatan Dayu, dan Jembatan Plumbon.

D. Akses
            Lokasi wisata alam Kali Code dapat diakses dengan mudah dan murah, karena hampir seluruh kendaraan umum, seperti bis umum atau taksi melewati jalan yang dilalui oleh aliran Kali Code. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. 
            Apabila Anda menggunakan kendaraan umum, setidaknya ada dua titik di sisi Kali COde yang dapat diakses dengan mudah, yaitu:
  • Jika Anda naik bis umum atau taksi, Anda dapat turun di Jembatan Gondomanan dan berjalan kaki menuju Kampung Code.
  • Atau Anda dapat turun di pusat kota, baik Malioboro, stasiun Tugu, maupun Pasar Beringharjo, lalu berjalan menuju bantaran kali yang terletak di sebelah timur lokasi-lokasi tersebut.

E. Harga Tiket
            Anda yang ingin menikmati indahnya alam Kali Code tidak dipungut biaya serupiah pun. Anda hanya diminta untuk menjaga kelestariaan kali dengan tidak membuang sampah sembarangan atau mencorat-coret dinding kali.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
            Wisata alam Kali Code menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan Anda untuk menikmatinya. Beberapa rumah warga yang menghuni Kali Code tampak disewakan untuk pengunjung yang ingin menginap dengan harga sewa yang cukup terjangkau. Hal ini sangat memudahkan Anda yang bertujuan untuk meneliti kehidupan sosial Kali Code, sebab dengan begitu peneliti dapat bersosialisasi secara langsung dengan warga yang diteliti.
            Wisata alam Kali Code juga dikelilingi berbagai fasilitas publik seperti hotel dari kelas ekonomi hingga berbintang. Selain itu juga beragam jasa layanan publik seperti pijat tradisional, loundry, warung tradisional, warung kebutuhan sembako, maupun yang lain, banyak tersedia di sekitar lokasi wisata. Letak lokasi wisata alam Kali Code yang berada di tengah kota sangat memudahkan Anda mengakses berbagai hal di Yogyakarta. 

Teks: Yusuf Efendi
Foto: Koleksi Jogatrip.com
(
Data primer dan berbagai sumber)


Jika Anda dari luar Yogyakarta, dan ingin mengunjungi tempat ini dengan jasa travel biro,
silakan hubungi:
 

Maharatu Tour and Travel
Jl. Sisingamangaraja No. 27 Yogyakarta.
Telp. +62 274 8373005. Fax. +62 274 379250
Email : maharatu@maharatu.com -maharatu257@yahoo.co
m
Website : www.maharatu.com

1 komentar: